Mengenal Burung Pentet atau Burung Cendet

Monday, September 30, 20130 comments

Foto Burung Pentet atau Burung Cendet
Burung Pentet atau Burung Cendet atau bentet atau toet memiliki nama latin Lanius schach. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Long-tailed Shrike. Burung ini merupakan salah satu spesies burung kicau yang banyak diminati di Indonesia.

Burung Pentet dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 20 - 25 cm. Burung ini memiliki paruh yang melengkung di ujung menyerupai paruh burung elang. Mereka juga memiliki cakar yang kuat dan tajam. Burung ini juga memiliki bulu kaku di sekitar moncongnya.  

Ciri khas burung pentet adalah memiliki ekor yang panjang yang meliuk-liuk ketika tengah berkicau. Pada dasarnya burung pentet adalah jenis burung yang galak, terlebih lagi jika sedang lapar, mereka tak segan untuk mematuk/menggigit. Namun, meski pekikannya terdengar ribut, tetapi saat bernyanyi suaranya terdengar harmonis.

Burung pentet sebenarnya juga memiliki sifat petarung yang cukup agresif. Jika mendengar suara burung lailn atau melihat burung pentet yang lain, maka semangat bertarungnya akan naik. Burung ini juga merupakan spesies burung yang teritorial. Meskipun demikian, ternyata burung pentet tergolong mudah untuk beradaptasi, sehingga mudah untuk dijinakkan. Dan jika dipelihara sejak kecil, maka sifat galak cendet akan sangat berkurang.

Di duina ini terdapat setidaknya 9 sumspesies burung cendet, yaitu :
  • L. s. stresemanni (Mertens, 1923)
  • L. s. bentet (Horsfield, 1822)
  • L. s. suluensis (Mearns, 1905)
  • L. s. nasutus (Scopoli, 1780)
  • L. s. schach (Linnaeus, 1758)
  • L. s. longicaudatus (Ogilvie-Grant, 1902)
  • L. s. tricolor (Hodgson, 1837)
  • L. s. caniceps (Blyth, 1846)
  • L. s. erythronotus (Vigors, 1831)
Habitat burung pentet di alam liar adalah di daerah semak belukar dan area terbuka. Untuk spesies yang hidup di daerah 4 musim, mereka akan bermigrasi ke daerah yang hangat ketika musim dingin. Namun untuk yang hidup di daerah tropis mereka cenderung akan menetap di suatu tempat.

Daerah penyebaran burung pentet tersebar dari Kazhakstan hingga Papua Nugini. Burung cendet juga ada yang hidup di wilayah Eropa seperti Inggris Raya, Belanda, serta di beberapa negara lain seperti Yordania, Israel, Turki, Hongaria, Jepang, dan Swedia.

Burung cendet adalah jenis burung predator. Makanan burung cendet antara lain kadal, serangga besar, burung kecil, dan hewan pengerat. Biasanya mereka memiliki suatu wilayah perburuan yang hanya berisi satu ekor atau sepasang cendet saja. Bahkan beberapa spesies diketahui sering berkelahi berebut tempat bertengger.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung cendet secara global berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Dan burung cendet termasuk salah satu burung piaraan favorit di negara-negara Asia Tenggara.

Referensi : wikipedia dan beberapa sumber lain
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger